Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Pencegahannya

Gigi berlubang adalah suatu kondisi dimana dimana bagian paling luar pada gigi mengalami kerusakan. Biasanya akan berkembang secara perlahan dan apabila dibiarkan akan menembus ke bagian paling dalam pada gigi dan hal ini akan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman bahkan kesakitan yang sangat.

Gigi berlubang juga menjadi salah satu gangguan gigi paling umum yang terjadi pada anak kecil dan orang lanjut usia. Tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada remaja dan orang dewasa.

Perlu diketahui, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab gigi berlubang. Nah kira-kira apa penyebab gigi berlubang? Dan bagaimana cara pencegahannya? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab gigi berlubang
Penyebab gigi berlubang

1# penimbunan plak

Plak adalah lapisan lengket berwarna bening yang melapisi gigi. Plak terbentuk dari sisa-sisa makanan yang tertinggal dan menempel pada gigi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Hotel Bintang 5 di Senayan

Apabila penimbunan plak dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan zat asam dan peningkatan jumlah bakteri yang mampu menembus lapisan paling keras pada gigi lalu terbentuklah lubang pada gigi.

2# terlalu banyak makan makanan manis

Makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi apabila dikonsumsi secara berlebihan juga akan menjadi penyebab dari gigi berlubang.

Hal ini dikarenakan lapisan enamel pada gigi lama kelamaan akan terkikis karena makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi mampu menurunkan pH plak gigi dengan cepat.

3# mulut kering

Mulut kering bisa diakibatkan oleh suhu tinggi atau kurangnya asupan air minum dan asupan makanan atau obat-obatan tertentu.

Kandungan air liur pada mulut yang sedikit bisa menjadi penyebab terjadinya gigi berlubang. Karena pada air liur ternyata mengandung zat yang berguna untuk mengurangi zat asam yang diproduksi oleh bakteri.

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Cara mencegah gigi berlubang

Cara mencegah gigi berlubang
Cara mencegah gigi berlubang

1# rutin menggosok gigi secara teratur

Gosoklah gigi secara teratur 3 kali sehari atau setiap selesai makan supaya sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi tidak tertimbun menjadi plak.

Dan jangan lupa untuk menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride adalah kandungan mineral yang mampu mencegah gigi berlubang.

2# kurangi makan makanan manis

Makanan yang mengandung gula sebenarnya bermanfaat untuk tubuh tapi apabila dikonsumsi secara berlebihan efek jangka panjangnya juga tidak bagus untuk tubuh termasuk untuk gigi.

Selain menjadi penyebab utama penyakit diabetes, kandungan gula yang berlebihan juga bisa mengikis lapisan paling keras pada gigi hingga terbentuk lubang pada gigi.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sepatu Boots Lokal Kualitas Terbaik

3# banyak mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi banyak air putih selain bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan juga sangat baik untuk kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi banyak air putih, bisa menjaga agar mulut tidak kering.

Mulut yang kering bisa menjadi penyebab gigi berlubang karena kurangnya air liur yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan mulut dan gigi.

Penutup

Gigi berlubang memang bisa terjadi kepada siapa saja. Bukan hanya anak kecil atau orang lanjut usia tapi juga bisa terjadi pada remaja dan orang dewasa. Dengan mengetahui penyebabnya paling tidak kita juga bisa tahu cara pencegahannya.

Gigi yang berlubang apabila dibiarkan akan menjadi lebih parah. Kerusakan pada gigi bisa menimbulkan rasa sakit sangat hal ini tentunya akan sangat membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Demikianlah artikel tentang beberapa penyebab gigi berlubang dan juga cara pencegahannya. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Post a Comment for "Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Pencegahannya"