Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayatinya. Salah satunya adalah satwa-satwa unik yang hanya bisa dijumpai di indonesia saja dan tidak ada di negara lain.

Namun sayangnya hewan-hewan yang memiliki keunikan sendiri ini sekarang berstatus hewan langka yang dilindungi karena jumlah mereka yang semakin berkurang setiap harinya. Kira-kira apa saja hewan langka tersebut? Nah pada artikel kali ini akan membahas tentang 8 hewan langka yang hanya ada di indonesia dan tidak ada di negara lain mari simak ulasan lengkapnya.

8 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia

Hewan langka asli indonesia
8 hewan langka asli indonesia

1# komodo

Hewan langka yang hanya ada di indonesia yang pertama yaitu komodo. Hewan endemik asli indonesia ini keberadaannya hanya ada di indonesia tepatnya di pulau komodo, pulau flores dan beberapa daerah di nusa tenggara timur. Spesies reptil terbesar di dunia ini memiliki nama latin varanus komodoensis dan ditetapkan sebagai hewan langka yang dilindungi karena populasinya yang semakin hari semakin sedikit. Komodo juga adalah salah satu hewan purba yang masih tersisa saat ini yang dimana mengalami sedikit evolusi.

Baca juga: Berpetualang di Orchid Forest Cikole Lembang

2# orangutan

Hewan langka yang hanya ada di indonesia selanjutnya yaitu orangutan. Orangutan disebut-sebut sebagai hewan paling cerdas diantara hewan yang lain. Semua jenis primata memiliki volume otak paling banyak diantara jenis hewan yang lain namun orangutan adalah jenis primata yang memiliki volume otak paling banyak di antara primata yang lain. Disebut juga orangutan memiliki kekerabatan paling dekat dengan manusia dibandingkan dengan primata yang lain. Habitat hidupnya yaitu di hutan sumatera dan hutan kalimantan. Orangutan ditetapkan sebagai satwa langka yang dilindungi karena populasinya yang semakin lama semakin sedikit. Hal ini dikarenakan perburuan liar dan hutan tempat hidupnya telah rusak.

3# badak bercula satu

Badak bercula satu statusnya satwa langka hampir punah yang dilindungi pemerintah. Di indonesia sendiri populasi badak bercula satu hanya sekitar 50 sampai 60 ekor saja. Kelangkaan tersebut disebabkan karena perburuan liar karena harga cula badak jenis ini memiliki harga yang sangat tinggi yaitu sekitar 3000 dollar per kilogramnya. Mamalia ini memiliki nama latin Rhinoceros sondaicus dan habitat aslinya yaitu di pulau jawa tepatnya di daerah ujung kulon.

4# gajah sumatera

Gajah sumatera berstatus hewan langka hampir punah yang dilindungi. Pada tahun 2007 populasi gajah hanya sekitar 2400 ekor saja dan semakin hari semakin berkurang sampai hari ini. Gajah sumatera mampu hidup selama 75 tahun. Meski begitu proses perkembangbiakkan gajah bisa dibilang lama yaitu sekitar 22 bulan dan maksimal hanya mampu melahirkan 2 ekor saja. Habitat yang rusak karena eksploitasi yang berlebihan juga menjadi salah satu faktor yang membuat gajah berstatus hewan langka.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Mental

5# anoa

Anoa adalah salah satu hewan asli indonesia khususnya daerah sulawesi. Masyarakat setempat sering menyebutnya sapiutan atau sapi hutan. Anoa juga berkerabat dengan banteng. Hal ini bisa dilihat dari tanduknya yang seperti tanduk banteng hanya saja memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Terhitung hari ini populasi anoa hanya sekitar 2000 ekor saja.

6# burung cendrawasih

Burung cendrawasih adalah salah satu hewan endemik yang habitat aslinya yaitu di daerah papua. Burung cendrawasih memiliki bulu yang panjang dengan warna yang mencolok dan indah. Orang luar negeri sering menyebutnya bird of paradise. Namun sayang, karena keindahannya inilah yang membuat burung cendrawasih berstatus hewan langka yang dilindungi karena menjadi target sasaran perburuan liar.

7# burung merak

Burung merak adalah salah satu burung yang masih termasuk dalam keluarga ayam hutan. Burung merak bisa ditemui di pulau jawa bagian timur walaupun sekarang sudah sangat sulit ditemukan karena populasinya yang semakin lama semakin menurun. Ekor burung merak mampu mengembang dan memang terlihat sangat indah. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian lawan jenis atau sebagai pertahanan diri. Habitat burung cendrawasih yaitu di alam tropis di hutan yang dekat dengan sungai.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

8# burung elang jawa

Hewan langka yang hanya ada di indonesia yang terakhir yaitu burung elang jawa. Burung yang sering disebut sebagai burung garuda ini memiliki bentuk tubuh yang gagah dan perkasa. Namun tak lama lagi kegagahan burung elang jawa hanya bisa dilihat di foto atau video hal ini dikarenakan jumlah burung elang jawa terhitung saat ini hanya sekitar 200 ekor saja. Habitatnya tersebar di beberapa daerah di pulau jawa diantaranya di gunung slamet, gunung kawi, taman nasional alas purwo, taman nasional gunung gede pangrango dan taman nasional gunung halimun.

Penutup

Populasi hewan langka yang hanya ada di indonesia setiap hari semakin sedikit. Perburuan liar dan eksploitasi hutan yang berlebihan adalah salah satu penyebab dari kelangkaan bahkan kepunahan hewan-hewan tersebut.

Demikian artikel tentang 8 hewan langka yang hanya di indonesia dan tidak ada di negara lain. Mudah-mudahan artikel ini membawa manfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca semua terima kasih.

Baca juga: 5 Cara Jualan Online Tanpa Modal, Dijamin Laris Manis!

Post a Comment for "8 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia"