Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Urutan Pemakaian Skincare yang Benar

Memiliki kulit yang sehat, lembut, dan cerah alami adalah impian semua orang, tidak peduli tua ataupun muda, laki-laki maupun perempuan. Tidak heran jika banyak cara ditempuh untuk mendapatkan kulit indah bak artis yang wajahnya terpampang di iklan televisi.

Rajin memakai skincare adalah salah satu usaha yang dilakukan demi mendapatkan kulit impian tersebut. Namun ternyata, rajin saja tidak cukup. Anda juga harus memahami urutan pemakaian skincare yang benar untuk meraih hasil maksimal.

7 Urutan Pemakaian Skincare yang Benar

Urutan Pemakaian Skincare yang Benar
Urutan Pemakaian Skincare yang Benar

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai harapan, penggunaan produk skincare harus mematuhi aturan urutan pemakaian yang tepat, sebagai berikut:

Cleanser

Baik pada pagi ataupun malam hari, tahapan pertama sebelum memakai skincare adalah membersihkan sisa makeup dan mencuci wajah. Kulit yang bebas dari minyak dan kotoran akan membuat bahan-bahan pada produk skincare bisa terserap dengan sempurna.

Untuk hasil yang lebih memuaskan, disarankan memakai metode double cleansing, yakni membersihkan dengan cleansing oil di tahap pertama dan mengakhiri dengan sabun khusus pencuci wajah.

Baca juga: 5 Kelebihan dan Manfaat Air Purifier untuk Pernapasan

Toner

Biasanya, toner terbuat dari bahan-bahan yang bisa menghidrasi kulit kering dan sensitif atau chemical exfoliants yang bisa menyembuhkan jerawat, menghilangkan komedo, hingga mengurangi produksi sebum.

Toner tidak terbuat dari bahan-bahan yang terasa berat karena fungsinya hanya melapisi kulit agar bahan aktif di produk skincare berikutnya bisa terserap dengan baik.

Serum

Sebenarnya, keberadaan serum dalam rangkaian skincare sifatnya opsional. Namun, memasukkannya sebagai bagian dari rutinitas skincare harian Anda akan meningkatkan kesehatan kulit.

Hal ini dikarenakan serum mengandung nutrisi, pelembab, hingga antioksidan berkonsentrat tinggi di dalam produknya sehingga Anda hampir pasti bisa merasakan meningkatnya kesehatan kulit begitu serum diaplikasikan.

Eye Cream

Dalam urutan pemakaian skincare ingat rumus “dahulukan produk yang lebih mudah meresap”! Jadi, sebelum buru-buru memakai moisturizer, Anda harus lebih dahulu menggunakan krim mata.

Baca juga: Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Pencegahannya

Spot Treatment

Malam hari adalah momen ketika tubuh bekerja paling keras untuk memperbaiki dirinya. Oleh sebab itu, produk-produk perawatan seperti spot treatment penting diaplikasikan pada malam hari.

Moisturizer

Setelah produk sebelumnya meresap sempurna, Anda bisa mengaplikasikan moisturizer. Perlu diperhatikan bahwa moisturizer penting untuk segala jenis kulit, tidak peduli yang berminyak ataupun yang kering.

Retinoid

Retinoid adalah bentuk yang lebih umum dari segala macam turunan vitamin A, termasuk retinol yang hanya bisa dipakai di malam hari. Produk ini mampu mempercepat pergantian sel sehingga kulit bisa menjadi lebih segar, mulus, dan tidak tampak keriput.

Itulah beberapa langkah dalam tahapan pemakaian skincare yang bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Sementara itu, untuk merek produk skincare, Anda bisa pilih dan sesuaikan dengan kecocokan pada kulit Anda.

Jika Anda telah menjatuhkan pilihan pada satu merek terpercaya, tetapi kesulitan menemukan kelengkapan produk di toko konvensional, Anda bisa menjadikan toko online sebagai tempat alternatif untuk membeli produk.

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Cara Pilih Skincare yang Tepat

Setidaknya, terdapat tiga macam pilihan skincare yang dijual di pasaran berdasarkan jenis kulit manusia di seluruh dunia, mulai dari kulit berminyak atau kombinasi, kulit kering, hingga kulit yang sensitif.

Untuk kulit berminyak, kandungan produk yang bagus adalah yang punya kemampuan mengontrol produksi sebum, seperti glycolic acid, salicylic acid, benzoil peroksida, dan hyaluronic acid.

Hyaluronic acid merupakan kandungan skincare yang juga harus dimiliki skincare untuk kulit kering karena mampu menjadi hidrator dan melindungi dari penuaan dini. Kandungan ceramide dan squalane juga penting dimiliki oleh produk untuk kulit kering.

Sementara itu, produk untuk kulit sensitif biasanya mirip dengan produk kulit kering, yakni harus mengandung hyaluronic acid serta ceramide. Produk mengandung kafein dan ECGC yang ada pada daun teh hijau juga cocok untuk kulit sensitif.

Kesimpulan

Skin care untuk saat ini bisa dibilang adalah salah satu kebutuhan yang tentunya dibutuhkan oleh setiap orang. Bukan cuma untuk wanita, para pria juga saat banyak menggunakannya. Dengan mengikuti 7 urutan pemakaian skincare yang benar diharapkan kita juga mendapatkan manfaat dari pemakaiannya. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat terima kasih.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Mental

Post a Comment for "7 Urutan Pemakaian Skincare yang Benar"