Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

24 Film Horor Indonesia yang Mendunia

Dalam dunia film horor indonesia memang jagonya. Banyak film horor indonesia yang mendunia karena memang menyeramkan apabila ditonton sendirian. Selain filmnya, banyak juga aktor dan aktris indonesia yang terlihat horor karena perannya dalam film horor salah satunya adalah legenda film horor yaitu almarhumah Suzanna.

Film horor indonesia yang mendunia kebanyakan mengangkat tema dari urban legend dan cerita yang turun temurun yang berkembang di masyarakat indonesia. Seperti kuntilanak, pocong, sundel bolong dan banyak lagi.

Mendengar ceritanya saja sudah membuat bulu kuduk merinding ditambah lagi cerita-cerita itu divisualisasikan oleh sutradara-sutradara film horor indonesia yang memang sangat piawai dalam membuat cerita-cerita itu seolah menjadi nyata. Tidak heran kalau membuat para penontonnya menjerit histeris karena ketakutan bahkan ada yang sampai kesurupan.

Diantara banyaknya film horor buah dari kreativitas sutradara-sutradara film di indonesia ternyata banyak juga film horor indonesia yang mendunia dan berhasil menembus bioskop mancanegara dan banyak juga yang mendapat penghargaan bergengsi dan apresiasi dari insan perfilman dunia. Berikut dibawah ini 24 film horor indonesia yang mendunia mari kita simak selengkapnya.

24 Film Horor Indonesia yang Mendunia

Film Horor Indonesia yang Mendunia
Film horor indonesia yang mendunia

1# pintu terlarang

Film horor indonesia yang mendunia yang pertama adalah film pintu terlarang. Film pintu terlarang dirilis pada tahun 2019. Film garapan dari sutradara kondang joko anwar ini berhasil meraih penghargaan sebagai film terbaik di Pucheon International Fantastic Film Festival, Korea Selatan. Film ini menceritakan tentang seorang pembuat patung bernama gambir yang terlibat dengan sebuah klub misterius dan horor yang bernama herosase.

2# dara

Film pendek yang berdurasi 22 menit ini sukses menuai pujian pada saat tayang di New York City Horror Film Festival 2007 lalu. Film garapan Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto ini rilis pada tahun 2007 dan menceritakan seorang bernama dara. Dia adalah seorang perempuan pemilik sebuah restoran yang misterius dan memiliki masa lalu yang kelam.

3# rumah dara

Setelah sukses dengan film pendek bertajuk dara, pada tahun 2009 Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto mengembangkan film pendek dara bertajuk rumah dara dengan durasi yang lebih panjang tentunya. Pada film ini aktor dan aktrisnya sama pada film dara. Pada akhirnya film ini adalah salah satu film horor indonesia yang mendunia karena berhasil masuk dalam nominasi Film Terbaik di ajang Pucheon International Fantastic Film Festival, Korea Selatan.

4# modus anomali

Film dirilis pada tahun 2012. Setelah sukses dengan film pintu terlarang, joko anwar kembali menggarap film horor bertajuk modus anomali. Film yang menceritakan tentang seorang pria yang terpisah dari keluarganya pada saat berlibur di sebuah hutan. Berkat film ini juga sang sutradara joko anwar berhasil meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik pada molins festival yang digelar di negara spanyol.

5# pengabdi setan

Masih film garapan sutradara kondang indonesia yaitu joko anwar film pengabdi setan 2017 adalah remake dari film pengabdi setan yang pernah tayang di tahun 1980 yang lalu. Film pengabdi setan 2017 juga sukses di kancah internasional terbukti menjadi salah satu film horor terbaik di ajang toronto After Dark Film Festival. Dan sekarang juga sedang tayang film pengabdi setan yang terbaru di tahun 2022 ini. Kira-kira bakal jadi yang terbaik juga enggak ya seperti film pendahulunya? Langsung saja kita tonton filmnya.

Baca juga: 8 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia

6# sebelum iblis menjemput

Film sebelum iblis menjemput dibintangi oleh aktris cantik chelsea islan dan digarap oleh timo tjahjanto pada tahun 2018. Diketahui film hasil kolaborasi dengan netflix ini menampilkan adegan yang berdarah-darah. Rasanya sangat tidak afdol kalau tidak memasukan film ini ke dalam daftar film horor indonesia yang mendunia, pasalnya film ini dipilih sebagai film terbaik pada kategori Midnight X-Treme di Sitges Film Festival, Spanyol.

7# perempuan tanah jahanam

Film yang bergenre horor thriller ini dirilis pada tahun 2019. Film yang pernah tayang di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) ini mendapat perhatian dan respon positif dari insan perfilman dunia dan pada ajang itu juga film perempuan tanah jahanam berhasil meraih penghargaan Meiles International Festival Federation (MIFF) Asian Award, atau film terbaik Asia. Mantap jiwa bukan? Pantas saja film ini menjadi film horor indonesia yang mendunia.

8# kala

Kembali lagi ke film horor besutan sang maestro film indonesia joko anwar film kala dirilis pada tahun 2017. Film yang dibintangi beberapa aktor kawakan seperti ario bayu, fachri albar, august melasz dan jose rizal manua ini berhasil mendapatkan apresiasi positif dari insan perfilman indonesia dan juga dunia. Film ini juga pernah diputar di berbagai festival film internasional seperti Puchon International Fantastic Film Festival dan Hongkong Asian Film Festival maka dari itu film ini wajib dimasukkan ke dalam daftar salah satu film horor indonesia yang mendunia.

9# makmum 2

Film makmum 2 dirilis pada tahun 2021. Film ini adalah lanjutan dari film makmum yang pernah dirilis pada tahun 2019. Masih dengan sosok rini yang sering diikuti oleh sosok makmum. Sosok makmum adalah sesosok jin yang selalu mengikuti rini pada saat sedang sholat. Bukan hanya rini saja tetapi putra tunggalnya juga ikut dihantui oleh sosok makmum ini yang pada akhirnya mengharuskan rini untuk menyelesaikan misteri sosok makmum ini.

10# satu suro

Film horor ini dirilis pada tahun 2019. Menceritakan tentang sepasang suami istri bernama adinda dan bayu yang memutuskan pindah rumah dari kota ke sebuah daerah yang tenang dan jauh dari kebisingan. Adinda yang saat itu sedang hamil mengalami kontraksi tapi kata dokter saat ini belum waktunya lahir. Bayu yang kembali pulang untuk mengambil keperluan pun kembali ke rumah sakit tak disangka rumah sakit itu berubah menjadi bangunan tua yang sudah lama tidak dihuni.

11# ratu ilmu hitam

Film yang dirilis pada tahun 2019 ini adalah hasil dari remake film dengan judul yang sama yang dirilis pada tahun 1981. Singkat cerita hanif yang dulu dibesarkan di panti asuhan mengajak keluarganya untuk menginap di panti asuhan tersebut untuk bernostalgia dan sebagai bentuk penghormatan karena sudah mengurusnya pada waktu kecil. Tapi bukan nostalgia yang didapat tapi teror mengerikan yang terjadi.

12# danur 2: maddah

Danur 2 maddah adalah versi kedua dari danur 1 i can see ghost yang sama-sama dibintangi oleh prilly latuconsina. Danur 2 maddah dirilis pada tahun 2018. Bercerita tentang risa dan ketiga teman hantunya yang menginap di rumah tantenya karena orang tuanya sedang dinas ke luar negeri. Dirumah tantenya inilah risa melihat kemunculan wanita misterius dan kisah menyeramkan akhirnya dimulai.
Film Horor Indonesia yang Mendunia
Film horor indonesia yang mendunia

13# asih

Film horor indonesia yang mendunia selanjutnya ada film asih. Film yang dirilis pada tahun 2018 ini merupakan bagian dari sekuel film danur yang mengangkat latar 37 tahun sebelum cerita danur dimulai. Singkat cerita ada seorang istri yang terpaksa melahirkan bayi perempuan lebih awal dari perkiraan. Bidan juga memperingatkan agar lebih berhati-hati dengan gangguan makhluk ghaib selama 40 hari ke depan karena ada cerita yang sedang santer beredar bahwa arwah asih sedang bergentayangan mencari bayi-bayi yang baru lahir untuk menggantikan anaknya.

Baca juga: 8 Daftar Nama Musisi Indonesia yang Mendunia

14# suzana: bernapas dalam kubur

Film ini layak dinobatkan sebagai film horor indonesia yang mendunia karena akting luna maya yang berhasil membangkitkan kharisma ratu horor indonesia almarhumah suzanna. Film ini dirilis pada tahun 2018. Cerita bermula dari kehidupan pasutri yang harmonis. Namun kehadiran 4 orang perampok merubah segalanya. Susana yang saat itu hanya sendirian dirumah telah dibunuh oleh 4 orang perampok itu sekaligus menjarah rumahnya. Arwah suzana akhirnya gentayangan dan bertekad membalas dendam kepada 4 orang perampok tersebut.

15# mata batin

Film mata batin dirilis pada tahun 2017. Cerita di film ini diawali dari kisah kakak beradik yang bernama alia dan abel yang memutuskan untuk menemui paranormal karena pada saat menempati rumah peninggalan orang tuanya ternyata sangat banyak sekali gangguan dari makhluk tak kasat mata. Terutama abel yang memang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk ghaib atau indra keenam.

16# danur 1: i can see ghost

Film yang disutradarai oleh awi suryadi ini dirilis pada tahun 2017. Film ini terinspirasi dari cerita novel karya risa saraswati. Diceritakan risa yang diperankan oleh prilly latuconsina adalah seorang anak indigo yang memiliki 3 teman hantu atau teman tak kasat mata yang bernama johnson, peter dan william. Danur 1 i can see ghost adalah salah satu film horor indonesia yang mendunia karena film ini juga tayang di beberapa negara tetangga yaitu malaysia dan brunei darussalam.

17# rasuk 2

Film horor indonesia yang mendunia ini berdurasi 95 menit dan dirilis di awal tahun 2020 tepatnya pada tanggal 2 januari. Dikisahkan seorang mahasiswi kedokteran yang dibintangi oleh nikita willy yang bisa melihat bahwa ternyata subjek otopsinya adalah hantu.

18# the doll

Film ini bercerita tentang roh didalam sebuah boneka sama halnya seperti film horor luar seperti annabelle dan chucky. Film yang dirilis pada tanggal 20 juli 2017 ini dibintangi oleh herjunot ali dan luna maya. Film ini mampu menembus 1 juta penonton dan film ini juga bisa kamu tonton di netflix.

19# janin

Film garapan ook budiono ini dirilis pada tanggal 16 januari 2020 dan berdurasi 85 menit. Dikisahkan sepasang suami istri bernama randu dan dinar tengah berbahagia karena dinar sang istri tengah mengandung si buah hati. Namun sejak mereka memiliki tetangga baru, hal mistis mulai sering terjadi. Bahkan dinar sampai ketakutan karena melihat sosok perempuan yang hendak mengambil janinnya.

Baca juga: 8 Produk Indonesia yang Mendunia dan Go Internasional

20# surat dari kematian

Film ini disutradarai oleh hestu saputra dan dirilis pada tanggal 9 januari tahun 2020 yang lalu. dikisahkan kinan dan zein berniat menyelidiki sebuah bangunan tua yang dulu dikenal dengan nama gama plaza. Tempat ini pernah dijadikan tempat bunuh diri oleh mahasiswa di kampus mereka beberapa tahun silam. Baru mulai penyelidikan sebuah surat kematian datang kembali dan sampai merenggut nyawa. Jadi penasaran isi suratnya apa ya?

21# kajeng kliwon

Film yang dibintangi amanda manopo ini dirilis pada tanggal 13 februari 2020. Film yang disutradarai oleh bambang drias ini tiketnya ludes habis terjual pada pemutaran perdana. Film yang mengangkat cerita rakyat bali mengangkat cerita kajeng kliwon. Kajeng kliwon adalah ritual atau upacara di bali pada jaman dahulu dengan memberikan korban suci kepada sanghyang widhi wasa sebagai persembahan.

22# kuntilanak

Film legend yang dibintangi oleh julie estelle ini dirilis pada tahun 2006. Karena film inilah awal mula hantu kuntilanak mulai banyak diangkat ke film layar lebar. Dikisahkan seorang perempuan bernama samantha yang memiliki kemampuan magis yaitu mampu memanggil kuntilanak. Karena film ini juga lagu lingsir wengi dianggap sebagai lagu pemanggil kuntilanak.

23# V/H/S/2

Film adalah sebuah karya hasil kolaborasi antara sutradara terkenal indonesia yaitu timo tjahjanto dan sutradara film the raid yaitu gareth evans. Entah apa maksud dari judulnya itu yang pasti film ini mengisahkan sekelompok kru televisi yang menginfiltrasi sekelompok pemuja setan untuk sebuah berita. Film ini juga menjadi film horor indonesia yang mendunia karena berhasil meraih penghargaan Di ajang Fangoria Chainsaw Awards di Amerika Serikat sebagai film dengan perilisan terbaik.

24# KKN di desa penari

Film horor indonesia yang mendunia di urutan terakhir yaitu film KKN di desa penari. KKN di desa penari pernah viral pada tahun 2020 namun karena pandemi penayangan film ini akhirnya ditunda. Dan akhirnya pada tanggal 30 april 2022 film ini secara resmi dirilis. KKN Desa penari berkisah tentang enam mahasiswa yang melaksanakan KKN di sebuah desa terpencil, Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu tidak pernah menyangka kalau desa yang mereka pilih ternyata bukanlah desa biasa.

Penutup

Wah ternyata banyak juga ya film horor indonesia yang mendunia. Diantara daftar film horor diatas film manakah yang sudah kamu tonton? Atau mungkin kamu sudah menonton semuanya? Kalau saya sendiri kurang hobi nonton film horor di bioskop karena memang rasanya lebih menegangkan daripada nonton di televisi.

Nah itu dia artikel tentang 24 film horor indonesia yang mendunia. Buat kamu yang hobi dengan film horor pasti sudah tidak asing lagi dengan film-film yang sudah disebutkan diatas. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua ya. Sampai jumpa lagi di update artikel terbaru selanjutnya terima kasih.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia

Post a Comment for "24 Film Horor Indonesia yang Mendunia"