Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Cara Cermat Atur Gaji Supaya Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan

Mengatur keuangan memang sebuah hal penting yang perlu dilakukan semua orang. Banyak sekali orang yang kesulitan mengatur keuangan padahal pendapatan atau gaji mereka bisa dibilang lumayan besar atau minimal sebenarnya cukup untuk satu bulan. Pada dasarnya memang membutuhkan kecermatan dalam mengatur gaji. Baik gaji UMR atau diatas UMR pasti akan selalu saja merasa kekurangan apabila tidak diatur dengan baik.

Ada baiknya anda bisa mengikuti 8 cara cermat atur gaji dibawah ini agar di pertengahan bulan kita tidak kebingungan lagi soal keuangan karena gaji yang telah habis. Mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

8 Cara Cermat Atur Gaji Supaya Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan

Cara cermat atur gaji bulanan
8 cara cermat atur gaji bulanan

1# tabungan dan investasi

Di setiap bulan saat kita menerima gaji ada baiknya kita sisihkan terlebih dahulu gaji kita untuk ditabung atau diinvestasikan. Kenapa tabungan atau investasi harus diutamakan? Karena kebanyakan orang pasti akan lupa untuk melakukan hal ini pada saat menerima gaji. Kebanyakan orang pasti akan berpikir untuk belanja-belanja atau hal lain yang pada akhirnya budget untuk menabung atau investasi menjadi habis. Tabungan juga bisa kita gunakan sebagai dana darurat yang suatu saat bisa kita gunakan apabila ada suatu keperluan yang mendesak.

Baca juga: 8 Produk Indonesia yang Mendunia dan Go Internasional

2# segera bayar tagihan

Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki tagihan setiap atau setiap tahunnya. Seperti tagihan listrik, tagihan air, atau mungkin cicilan rumah, cicilan kendaraan dan masih banyak lagi. Tagihan dan cicilan ini tentu saja harus segera dibayarkan pada saat kita baru saja menerima gaji. Hal ini dikarenakan tagihan atau cicilan ini bersifat harus dan ditambah lagi kenapa harus segera dibayarkan karena apabila sampa ditunda dikhawatirkan gaji kita tidak cukup untuk membayar tagihan atau cicilan karena digunakan untuk keperluan lain.

3# buat anggaran setiap bulan

Membuat anggaran setiap bulan bisa dibilang juga hal penting. Anda bisa mencatat apa saja keperluan yang sudah habis dan harus dibeli. Ada baiknya anda berbelanja kebutuhan sehari-hari pada waktu-waktu tertentu seperti pada saat ada diskon atau promo gajian yang tentu saja bisa sedikit menghemat anggaran.

Baca juga: 8 Daftar Nama Musisi Indonesia yang Mendunia

4# membuat laporan keuangan

Banyak orang yang kebingungan karena lupa hari ini sudah mengeluarkan uang untuk hal apa saja. Maka dari itu mencatat pengeluaran harian dan membuat laporan keuangan harian bisa dibilang penting sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penghematan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

5# terapkan gaya hidup hemat

Gaya hidup hemat terbukti ampuh untuk memangkas pengeluaran setiap bulannya. Gaya hidup hemat bisa kita mulai dari hal yang paling kecil seperti mematikan peralatan listrik pada malam hari hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya tagihan listrik atau menggunakan sepeda untuk berangkat kerja yang dimana bertujuan untuk mengurangi ongkos perjalanan.

6# cobalah untuk rajin memasak

Makan adalah kebutuhan pokok yang harus dilakukan manusia setiap hari. Dengan memasak makanan sendiri tentunya akan membuat kita lebih hemat karena pada dasarnya harga bahan makanan memang lebih murah dibandingkan dengan membeli makanan yang siap makan.

Baca juga: Mengenal Aplikasi crm dan Manfaatnya Untuk Bisnis

7# membawa bekal dari rumah saat bekerja

Kebanyakan orang pada saat jam istirahat kerja digunakan untuk pergi ke tempat makan dan membeli makanan disana dengan alasan jam istirahat cuma sebentar. Padahal bisa diakali dengan memasak sendiri bekal untuk bekerja dari rumah. Hal ini juga terbukti ampuh untuk mengurangi pengeluaran.

8# batasi penggunaan kartu kredit

Kartu kredit memang menawarkan kemudahan untuk membeli sesuatu. Tapi dibalik kemudahannya akan menjadi bencana untuk untuk mereka yang susah mengontrol dirinya untuk berbelanja atau membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Penutup

Percayalah sebesar apapun pendapatan atau gaji kita apabila kita tidak pandai mengaturnya pasti kita akan selalu saja merasa kekurangan. Gaji yang ditunggu-tunggu setiap bulan tapi karena kita tidak pandai mengaturnya pada pertengahan bulan gaji kita sudah habis tentu ini akan menjadi masalah. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat terima kasih.

Baca juga: 5 Cara Memulai Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dirumah

Post a Comment for "8 Cara Cermat Atur Gaji Supaya Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan"