Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Aplikasi crm dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Sudah bukan rahasia lagi kalau pelanggan adalah kunci berkembangnya sebuah perusahaan. Tanpa pelanggan tentu saja bisnis yang kita lakukan tidak akan berjalan. Maka dari itu menjaga hubungan baik antara pengusaha atau pebisnis dengan pelanggan adalah suatu hal yang penting dan harus dilakukan dalam bisnis.

Seiring berjalannya waktu dan teknologi digital juga semakin berkembang pesat para pebisnis sangat dimudahkan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi crm. Apa itu aplikasi crm? Nah pada artikel kali ini akan membahas tentang aplikasi crm dan manfaatnya untuk bisnis mari kita simak ulasan selengkapnya.

Mengenal Aplikasi crm dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Mengenal aplikasi crm
Mengenal aplikasi crm

apa itu aplikasi crm?

crm adalah singkatan dari customer relationship management. Jadi secara garis besar aplikasi crm adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu perusahaan atau pebisnis dalam menjalin atau menjaga hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dalam suatu bisnis.

Selain itu aplikasi crm juga bisa digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengelola database pelanggan. Database pelanggan yang dikelola dengan baik, bisa membantu perusahaan untuk melakukan riset seperti mengidentifikasi dan memahami apa yang diinginkan pelanggan seperti yang kita ketahui bahwasannya pelanggan adalah aset yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan.

Manfaat aplikasi crm untuk kepentingan bisnis

Selain berguna untuk mengumpulkan dan mengelola database pelanggan dan juga untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan ada beberapa manfaat dari aplikasi crm yang sangat penting untuk sebuah perusahaan atau bisnis mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

1# database pelanggan bisa dikelola dengan baik

Database pelanggan adalah sebuah aset penting. Maka dari itu diperlukan sebuah aplikasi yang mampu mengelola database tersebut. Dengan aplikasi crm kita bisa melihat dan menganalisis semua data pelanggan secara menyeluruh. Dari hasil data yang sudah dianalisis ini perusahaan bisa menentukan strategi yang tepat untuk melakukan promosi dan menentukan produk apa yang sangat diminati oleh pelanggan.

2# laporan penjualan bisa dibuat lebih mudah

Aplikasi crm biasanya sudah dilengkapi dengan fitur untuk melihat aktivitas penjualan dalam sebuah bisnis. Progres penjualan bisa kita pantau dengan mudah karena data penjualan sudah diinput secara otomatis. Maka dari itu laporan penjualan bisa dibuat lebih mudah tanpa harus menginput data satu per satu.

3# efisien

Dengan banyaknya kemudahan dan juga fitur yang lengkap dari aplikasi crm perusahaan sudah tidak perlu lagi melakukan survey market karena semua data pelanggan sudah kita miliki dan kita kelola yang selanjutnya perusahaan tinggal menentukan strategi yang pas. Hal ini tentu saja sangat efisien dan mengurangi biaya operasional untuk melakukan survey market.

Aplikasi crm khusus whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi pengolah pesan yang banyak digunakan saat ini. Hampir semua kalangan seperti orang tua, remaja dan dewasa pasti menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi dan mengirim pesan karena memang fiturnya yang lengkap dan sangat mudah digunakan.

Whatsapp juga sangat bermanfaat untuk para pebisnis. Dengan menggunakan whatsapp business para pebisnis bisa menggunakannya untuk pemasaran atau untuk berinteraksi dengan pelanggan atau konsumen.

Penutup

Pelanggan adalah aset yang berharga untuk sebuah perusahaan maka dari itu perusahaan harus selalu menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan aplikasi crm baik crm berbasis platform whatsapp atau platform lain adalah sebuah langkah tepat yang dilakukan sebuah perusahaan agar bisnisnya selalu berjalan dengan lancar.

Sekian artikel tentang aplikasi crm dan manfaatnya untuk bisnis. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca semua terima kasih.

Post a Comment for "Mengenal Aplikasi crm dan Manfaatnya Untuk Bisnis"